Pages

Banner 468

Kamis, 20 November 2008

PROGRAMMER FREELANCE

 

Dunia programmer lepas (freelance)? Ini serius! Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan programmer tetapi tidak ingin merekrutnya sebagai pegawai tetap. Sebenarnya fenomena ini bukan berkembang belakangan ini, tetapi sudah bertahun-tahun yang lalu. Tetapi memang kejadiannya banyak di negara maju. Dan fenomena ini kini sudah merasuk ke Indonesia.

Di negara maju tenaga ahli memang sangat mahal. Hitungannya per jam, bukan per bulan layaknya di Indonesia. Tahun kemarin rata-rata harga per jam programmer senior freelance kurang-lebih US$ 10 per jam. Sedangkan programmer junior antara US$ 5-8 per jam. Coba saja kalikan dengan 40 jam, maka Anda akan mendapatkan angka US$ 400. Ini kurang lebih Rp 3,6 juta jika kursnya Rp 9.000 per dolar. Mengapa saya kalikan dengan 40 jam? Anda yang berprofesi sebagai karyawan pasti tahu maksudnya angka 40 jam ini. Yap betul, ini adalah jam kerja karyawan Indonesia selama 1 minggu.

Artinya adalah bahwa Anda cukup bekerja full-day seminggu untuk mendapatkan honor Rp 3,6 juta. Angka yang besar? Tidak! Ini belum besar. Anda masih bisa memanfaatkan 3-4 minggu sisanya selama sebulan untuk meraup angka yang lebih banyak. Dan angka ini bisa menjadi berlipat kalau Anda dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Misalnya jika Anda mendapatkan sebuah proyek membuat program yang jatahnya adalah 100 jam tetapi Anda dapat menyelesaikannya hanya dalam kurun waktu 50 jam, maka Anda tetap akan mendapatkan honor 100 jam. Dan Anda telah menghemat 50 jam dari jam kerja Anda.

Tertarik?